Manfaat Vitamin D, Sumber Makanan & Efek Samping

By Apamanfaat.id Categories : Gizi

Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh – Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena salah satu manfaat vitamin D mampu menjaga kadar kalsium dalam tubuh yang tak lain untuk pembentukan tulang serta gigi juga dapat melindunginya.

Jika terjadi kekurangan vitamin D di dalam tubuh, maka akan mengalami osteomalasia atau disebut dengan melemahnya tulang pada orang dewasa, tak hanya itu juga akan mengalami mudah kelelahan, kelainan tulang dan nyeri tulang. jika anak-anak yang mengalami kekurangan vitamin D akan mengalami Rakitis yang biasa disebut dengan pelunakan atau melemahnnya tulang, pertumbuhan yang lambat, mudah terkena infeksi, dan sulit bernafas.

Orang yang sangat rentan sekali kekurangan vitamin D yaitu, Balita, Bayi, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, orang berkulit gelap, orang yang jarang terkena sinar matahari, lansia diatas 65 tahun dan orang yang mengalami obesitas. Nah bagi sahabat yang memiliki ciri-ciri diatas harus berhati-hati ya. Karena kesehatan merupakan nomor utama yang harus selalu kita dahulukan dan kita jaga.

Sumber Vitamin D

Vitamin D sangat perlu kita konsumsi setiap hari, karena memang tubuh sangat memerlukan vitamin D seiap hari, karena jika kekurangan vitamin D akan menyebabkan melemahnya tulang serta otot, melemahnya sistem kekebalan tubuh, resiko kanker yang tinggi dan pertumbuhan rambut yang sangat kurang baik. Namun kelebihan vitamin D juga tidak baik karena akan menyebabkan kalsium terlalu banyak diserap yang akan meningkatkan resiko ginjal dan juga jantung seperti yang telah di bahas diatas.

Adapun makanan yang mengandung banyak vitamin D diantaranya:

  • Jamur
  • Kuning Telur
  • Salmon
  • Udang
  • Ikan tuna
  • Ikan berlemak
  • Tahu dan Tempe
  • Tiram
  • Susu
  • Jus jeruk
  • Susu kedelai
  • Hati Sapi
  • Keju
  • sereal

7manfaat vitamin d

Ukuran Dosis vitamin D

Mengkonsumsi makanan dianjurkan harus sewajarnya saja, karena jika berlebihan akan mengundang hal yang tidak diinginkan, begitu juga dengan vitamin D ada dosisnya karena jika melebihi dosis dan juga kekurangan dosis akan mengalami hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini dosis yang harus kita perhatikan mengenai vitamin D perharinya.

  • Laki-laki usia 14-40 tahun (200 IU atau 5 microgram) per harinya.
  • Perempuan usia 14-40 tahun (200 IU atau 5 microgram) perharinya.
  • Diatas 51 tahun dosisnya dua kali lipat lebih banyak, yaitu (400 IU atau 10 microgram) perharinya.

Efek Samping mengkonsumsi Vitamin D

Sebenarnya jarang sekali orang yang mengalami efek samping jika mengkonsumsinya menurut yang direkomendasikan, namun jika mengkonsmsinya dalam jumlah yang banyak atau tidak sesuai aturan, maka akan mengalami hal sebagai berikut:

  • Mulut kering
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Tidak nafsu makan
  • Kerusakan ginjal
  • Kerusakan jantung
  • Penumpukan kalsium

Manfaat Vitamin D bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan gigi

Tulang merupakan salah satu yang sangat membutuhkan vitamin D, karena vitamin D berperan penting dalam mengatur kadar fosfor serta kalsium dalam darah. Dan kedua zat tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang dan juga gigi.

  1. Menjaga kekebalan tubuh

Di dalam Vitamin D terdapat zat yang disebut dengan kalsitriol yang tak lain adalah untuk menjaga metabolisme tubuh atau menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Alangkah baiknya jika setiap hari kita mengkonsumsi sayuran hijau dan juga buah-buahan untuk menghindari datangnya penyakit ringan seperti flu, batuk, sakit kepala, demam dan masih beberapa lagi penyakit ringan lainnya.

  1. Mencegah kanker

Zat kalsitriol tadi ternyata tak hanya membantu dalam menjaga metabolisme tubuh saja, melainkan mampu mencegah munculnya kanker seperti, kanker prostat, kanker usus besar dan kanker payudara. Zat kalsitriol ini mampu mengurangi sel kanker berkembang, tumbuh, menyebar, bertambah dan justru meningkatkan kematian sel kanker yang ada pada tubuh.

  1. Menjaga Kehamilan

Ibu yang sedang hamil diusahakan harus selalu terpenuhi segala macam vitamin bagi tubuhnya dan juga bagi janinnya, karena jika satu saja tidak terpenuhi seperti contohnya saja vitamin D maka pengaruhnya akan sangat patal, karena ibu hamil yang kekurangan vitamin D dapat mengalami preeklamsia yaitu suatu kondisi yang dimana seorang ibu hamil mengalai kerusakan organ dan hipertensi. Selain itu akan mengalami gangguan pada vagina, melahirkan secara caesar, namun kelebihan vitamin d juga akan sangat berpengaruh kurang baik untuk bayi, karena akan beresiko alergi makanan kurang lebih selama dua tahun .

  1. Mengatasi Diabetes

Semakin tinggi kadar vitamin D yang terdapat pada tubuh maka akan semakin rendah pula resiko diabetes tipe 2 yang akan kita derita. Apalagi jika asupan vitamin D ketika masa kanak-kanak terpenuhi dengan baik, maka akan trehindar dari yang namanya diabetes tipe 1. Maka dari itu asupan vitamin D harus terpenuhi perharinya supaya tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit.

  1. Mengatasi Depresi

Penelitian yang pernah dilakukan menunjukan bahwa vitamin D ini ada peranannya dalam perkembangan otak serta fungsinya, tak hanya itu mengonsumsi vitamin D dalam dosis yang banyak akan membantu dalam mengurangi depresi ringan. Naun tetap harus dalam anjuran dokter ya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Biasanya orang yang memiliki berat badan yang tinggi mereka adalah orang yang kekurangan vitamin D pada tubuhnya. Vitamin D yang terdapat pada tubuh terbungkus oleh lemak sehingga tidak menyebar pada bagian tubuh lainnya.

Ada penelitian yang menemukan bahwa jika vitamin D ditambahkan pada menu diet orang yang gemuk, maka akan efektif dalam menjalani dietnya.

Demikian manfaat vitamin D bagi tubuh yang admin bisa sajikan kali ini, jangan lupa baca juga manfaat vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, Vitamin C dan yang lainnya.