Manfaat vitamin B Compex Bagi Kesehatan

By Apamanfaat.id Categories : Gizi

Manfaat vitamin B Compex Bagi Kesehatan – Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh, karena vitamin memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Dengan vitamin B ini, tubuh kita terbantu dalam pertumbuhannya, fungsi tubuhnya dan juga dalma perkembangannya. Karena vitamin B ini sangat dibutuhkan dan sangat penting bagi tubuh, maka asupan zat ini harus ada setiap hari dalm menu makanan kita.

Sebenarnya banyak sekali jenis-jenis vitamin B ini, dan masing-masing dari zat tersebut berbeda-beda fungsinya. Sahabat mungkin sering mendengar kata “B kompleks”, nah B kompleks tersebut merupakan gabungan dari semua kedelapan vitamin B tersebut. Bagi sahabat yang belum mengetahui dari kedelapan jenis vitamin B ini sebaiknya harus simak dan harus tahu supaya kita bisa mengontrol makanan yang masuk pada tubuh kita yang diharuskan dan yang di tidak bolehkan. Jika sahabat penasaran dengan kedelapan vitamin B ini, kita langsung simak saja di bawah ini penjelasannya.

Manfaat Vitamin B Complex

Manfaat Vitamin B Compex

  1. Vitamin B1 / Thiamine

Semua vitamin memang bagus untuk kesehatan tubuh, hanya yang membedakan adalah fungsi dari vitamin tersebut. Vitamin B1 merupakan vitamin yang sangat bagus untuk tubuh, karena dengan kita mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1 Ini energi kita akan selalu fit, karena fungsi dari vitamin B1 ini yaitu mengubah makanan yang kita makan dalam tubuh menjadi energi serta berperan penting dalam menunjang kesehatan jantung sehat, rambut, mata, hati, mulut, kulit dan fungsi saraf.

Supaya sahabat selalu berenergi dalam menjalani kehidupan sahabat harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1. Untuk mengatasi stres sahabat juga bisa mengkonsumsi vitamin B1 ini, karena vitamin B1 juga disebut sebagai “anti-stres”, tak hanya itu vitamin B1 merupakan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk pemecah protein dan juga lemak.

Makanan yang Mengandung Vitamin B1

Hati juga ragi merupakan sumber vitamin B1 terkaya diantara yang lainnya, selain itu masih banyak lagi makanan yang mengandung vitamin B1 yang bisa menunjang kesehatan tubuh kita, diantaranya:

– Kentang

– Jamur

– Gandum

– Kacang Merah

– Asparagus

Bayam

Kacang hijau

Ikan tuna

– Kubis

Biji bunga matahari

Terong

Tomat

Angka Kecukupan Gizi

  • 0,2 mg (0-6 bulan)
  • 0,3 mg (7-12 bulan)
  • 0,5 mg (1-3 tahun)
  • 0,6 mg (4-8 tahun
  • 0,9 mg (9-13 tahun)
  • 1,2 mg (Pria 14 tahun keatas)
  • 1 mg (Wanita 14-18 tahun)
  • 1,1 mg (wanita 19 tahun keatas)
  • 1,4 mg (wanita hamil dan menyusui)

Gejala Kekurangan Vitamin B1

Gejala awal yang diakibatkan kekurangan vitamin B1 yaitu ditandai dengan badan mudah lesu, mudah marah, nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, nyeri otot betis, berat badan turun, sulit tidur atau bisa juga kehilangan memori.

Jika gejala awal dari kekurangan vitamin B1 ini tidak diatasi, maka akan berpengaruh kurang baik pada tubuh dan akan mengakibatkan timbulnya penyakit yang lebih parah yaitu penyakit beri-beri. Penyakit ini ditandai dengan adanya kelainan otak, penyakit jantung dan juga gangguan saraf.

Adapun keterangan dari penyakit diatas sebagai berikut:

  • Beri-beri basah : gejala dari penyakit ini biasanya ditandai dengan denyut jantung yang sangat cepat, hipotesi, edema paru dan retensi cairan pada kaki.
  • Beri-beri kering : penyakit ini akan melibatkan banyak kelainan pada otot serta saraf, di kaki serasa terbakar dan tertusuk-tusuk dijari kakinya apalagi di waktu malam hari. Selain itu kaki akan sering kram dan akan mengalami atrofi otot.
  • Beri-beri infantil : penyakit ini pada umumnya terjadi pada bayi yang baru dilahirkan, dan ini disebabkan oleh ibu ketika hamil kekurangan asupan vitamin B1. Hingga bayi akan mengalami Aphonia, gagal jantung dan hilangnya refleks.
  • Kelainan Otak : penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang sering mengonsumsi Alk*hol atau pecandu Alk*hol hingga akan mengalami kelainan otak. Dan penyakit umum lainnya seperti kesulitan berjalan, pandangan kabur, mata bergerak tanpa disengaja. Jika gejala tersebut tidak diatasi dengan segera, maka akan mengakibatkan masalah yang fatal yaitu bisa hilang ingatan.

Catatan:

  • Vitamin B1 ini merupakan vitamin yang sangat larut akan air, maka dari itu harus selalu terpenuhi setiap harinya karena vitamin B1 akan dikeluarkan melualui urin.
  • Konsumsilah vitamin B1 ini dengan dosis yang dianjurkan supaya tubuh selalu sehat dan juga tidak kekurangan maupun kelebihan.
  • Jangan memberikan antibiotik bersamaan dengan vitamin B1 karena akan menyebabkan berkurangnya efek dari vitamin B1 itu.
  1. Vitamin B2 / Riboflavin

Vitamin B2 tak kalah pentingnya dengan vitamin lain untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Vitamin B2 akan terjaga dan tetap ada kandungannya di dalam makanan jika makanna tersebut terhindar dari sinar matahari, karena jika makanna yang mengandung vitamin B2 tersebut terpapar sinar matahari maka vitamin B2 akan hilang.

Manfaat dari kita mengonsumsi vitamin B2 ini yaitu dapat menyehatkan kulit dan juga mata supaya tetap sehat, selain itu juga vitamin B2 mampu menjaga sistem saraf serta dapat membakar protein, lemak dan karbohidrat yang ada pada makanan.

Vitamin B2 ini tidak disimpan dalam tubuh karena sifatnya yang larut dengan air, karenanya kita harus selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 supaya tubuh tetap baik, karena peran vitamin B2 ini yaitu membentuk energi dan memproduksi energi.

Makan yang Mengandung Vitamin B2

Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin B2 ini yang bisa kita konsumsi, diantaranya yaitu ragi, edamame, kedelai panggang dan hati. Itu merupakan makanan yang mengandung vitamin B2 yang tinggi, adapun makanan lain yang masih mengandung vitamin B2 meskipun sedikit diantaranya yaitu, ikan salmon, brokoli, daging, alpukat, jamur, telur, kerang, kacang polong, kacang-kacangan, biji bunga matahari, millet, nasi, bayam, asparagus, wortel, kubis, apel dan tiram.

Gejala Kekurangan vitamin b2

Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin B2, maka metabolisme tubuh akan terhambat. Seperti halnya bibir kering, nata merah, perih seperti terbakar di mata, lidah sakit, peradangan di mulut, rambut berminyak atau kusam, kuku terbelah dan keriput dini.

Tak hanya itu saja, kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan anemia, katarak, sindrom kelelahan dan bahkan akan menjadi penyebab yang paling utama preeklampsia pada ibu hamil. Jangankan ibu hamil kita saja yang tidak hamil harus terpenuhi vitaminnya setiap hari.

Dosis Vitamin B2

Adapun vitamin B2 yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari dianjurkan untuk mengkonsumsi sebanyak 1,1 mg untuk wanita dan 1,3 mg untuk pria. Berbeda dengan anak-anak ya, karena akan diberikan dosisnya oleh dokter sesuai dengan usia mereka.

Efek Samping Vitamin B2

Tak ada efek samping yang begitu signifikan dengan mengkonsumsi vitamin B2 ini meski dalam jumlah yang banyak, hanya saja warna urin akan menjadi lebih kuning dari biasanya. Disarankan jangan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B2 lebih dari satu suplemen.

Catatan:

  • Bagi anda yang menderita gangguan empedu, sirosis dan hepatitis harus berhati-hati dalam mengonsumsi vitamin B2 ini.
  • Bagi ibu hami juga yang sedang menyusui, diharapkan mengonsumsinya sesuai dengan anjuran dokter.
  1. Vitamin B3 / Niacin

Vitamin B3 ini hampir sama cara kerjanya dengan vitamin B2, yaitu menjaga kesehatan kulit, menjaga sistem saraf supaya selalu bekerja dengan baik, serta menjadikan makanan menjadi energi.

Vitamin B3 bisa diberikan kepada orang yang kekurangan vitamin B3 mengalami gejala seperti peradangan kulit, diare, dan demensia dan semestinya mengonsumsi vitamin B3 sebanyak 50-1000 mg perhari. Tak hanya itu saja, bagi sahabat yang memiliki kolesterol tinggi bisa dengan mudah diatasi dengan sering mengonsumsi vitamin B3 ini yaitu dengan mengonsumsi vitamin B3 sebanyak 500-4000 mg perhari.

Makanan yang mengandung Vitamin B3

  • Hati
  • Jamur
  • Telur
  • Susu
  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Sayuran hijau
  • Kentang
  • Asparagus
  • Daging ayam
  • Daging sapi
  • Daging rusa
  • Kacang almond
  • Kacang tanah
  • Buah mangga
  • Biji mustard

Mengkonsumsi vitamin B3 harus dengan cara yang benar supaya tidak terjadi kesalahan, semisalnya jangan mengonsumsi vitamin B3 melebihi dosis yang sudah ditentukan, jika akan mengonsumsi vitamin B3 usahakan harus makan terlebih dahulu  untuk menghindari sakit pada perut.

Dosis untuk vitamin B3 ini tetap harus menurut resep dan anjuran dari dokter karena dosis akan menyesuaikan dengan tingkatan usia, tingkatan kesehatan dan juga keparahan penyakit yang di derita.

Efek Samping Vitamin B3

  • Sakit Perut
  • Diare
  • Sakit Kepala
  • Tekanan darah berkurang drastis ketika berdiri
  • Kulit kemerahan

Jika efek samping yang di derita berkelanjutan, langsung saja hubungi dokter supaya bisa langsung diatasi.

  1. Vitamin B5 / Pantothenic acid

Vitamin yang dikenal dengan sebutan Asam Pantotenat ini sangat baik dalam menjaga kulit agar tetap sehat, selain itu Vitamin B5 sangat penting dalam produksi hormon serta membantu dalam tumbuh kembangnya tubuh. Tak hanya itu, dengan adanya vitamin B5 yang ada di dalam makanna bisa dirubah menjadi energi.

Vitamin B5 bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi nasi merah, daging ayam, kentang, telur, brokoli, daging sapi, yoghurt, avokado, biji-bijian dan tomat.

Sebetulnya jarang  orang yang mengalami kekurangan vitamin B5, namun tetap saja harus kita ketahui gejalanya apa, yaitu seperti mudah lelah, acuh tak acuh terhadap lingkungan, kejang otot, sering uring-uringan dan kebas. Untuk mengatasinya seringlah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5.

Dosis Vitamin B5

Asupan Vitamin B5 yang mesti kita jaga setip harinya yaitu bagi remaja hingga orang tua sekitar 4-7 mg dalam sehari. Namun berbeda dengan pasien yang sedang kekurangan vitamin B5 ini, dosisnya ditentukan oleh dokter.

Catatan:

  • Mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B5 harus berhat-hati bagi sahabat yang menderita gangguan pencernaan dan hemofilia. Jika terjadi overdosis langsung temui dokter. Dan bagi anda ibu yang sedang hamil konsumsilah vitamin B5 sesuai anjuran dari dokter.
  1. Vitamin B6 / Pyridoxine

Vitamin B6 ini dapat menjaga saluran pencernaan, menjaga kesehatan otot, dan beberapa sistem imunitas lainnya yang ada pada tubuh terjaga dengan baik. Tak hanya itu saja, vitamin B6 juga dapat bisa menbentuk hemoglobin yang tentunya sangat baik dalam menyalurkan oksigen di darah yang ada pada tubuh. Juga makanan yang di makan akan berubah menjadi energi, seperti karbohidrat dan protein.

Akibat Kekurangan vitamin B6

Vitamin B6 sangat baik untuk kita selalu konsumsi setiap hari, karena supaya tubuh selalu sehat, dan banyak sekali makanan yang memiliki sumber vitamin B6 ini dan jika tubuh kita kekurangan vitamin B6, akan mengakibatkan kejang, sulit berkonsentrasi, peradangan kulit, dan kebingungan. Selain penyakit tersebut, akan ada penyakit lainnya jika kekurangan vitamin B6 terjadi pada wanita yang sedang menstruasi dan orang yang kecanduan alkohol seperti, anemia, disudut bibir pecah-pecah, lidah halus, insomnia, depresi, linu  otot dan mudah marah.

Makan yang Mengandung Vitamin B6

Banyak sekali sumber vitamin B6 yang bisa kita konsumsi setiap hari dan pastinya sangat aman karena makanan ini merupakan makanan yang alami, dan makanan yang mengandung vitamin B6 yang tinggi yaitu, ikan salmon, biji bunga matahari, daging ayam, bayam, daging sapi, dan alpukat. Adapun makanan lain yang mengandung vitamin B6 namun dengan kandungan yang sedikit yaitu, sayuran hijau, buah-buahan ungu, ikan, sereal, wortel, durian, beras merah, ikan kakap, kacang-kacangan, udang, keju.

Angka Kecukupan Gizi Vitamin B6

  • 0,1 mg (0-6 bulan)
  • 0,3 mg (7-12 bulan)
  • 0,5 mg (1-3 tahun)
  • 0,6 mg (4-8 tahun)
  • 1 mg (9-13 tahun)
  • 1,3 mg (14-5- tahun)
  • 1,7 mg (pria diatas 50 tahun)
  • 1,2 mg (Wanita usia 14-18 tahun)
  • 1,3 mg (Wanita usia 19-50 tahun)
  • 1,5 mg (Wanita usia diatas 50 tahun)
  • 1,9 mg (ibu sedang hamil)
  • 2 mg (ibu sedang menyusui)

Efek Samping dari Vitamin B6

  • Mual
  • Sakit kepala
  • Mengantuk
  • Kesemutan

  1. Vitamin B7 / biotin

Tak kalah pentingnya vitamin B7 ini bagi tubuh, ya karena vitamin ini mampu menjadikan lemak menjadi asam lemak dan karbohidrat menjadi glukosa hingga akhirnya menjadi tenaga bagi tubuh. Vitamin B7 ini dapat ditemukan dalam ikan salmon, wortel, hati, kembang kol, sereal dan pisang.

Angka Kecukupan Gizi Vitamin B7

  • 8 mg (0-12 bulan)
  • 10 mg (1-3 tahun)
  • 12 mg (4-8 tahun)
  • 20 ml (9-13 tahun)
  • 25 mg (14-18 tahun)
  • 30 mg (18 tahun ke atas)
  • 30 mg (ibu sedang hamil)
  • 35 mg (ibu sedang menyusui)

Makan yang Mengandung vitamin B7

  • Telur
  • Pisang
  • Yoghurt
  • Alpukat
  • Daging sapi
  • Kacang-kacangan
  • Daging ayam
  • Kembang kol
  • Buah berry
  • Jamur tuna
  • Ikan sarden
  • Ikan salmon

Efek samping kekurangan vitamin B7

  1. Mudah lelah
  2. Kulit kusam
  3. Rambut rusak
  4. Kelainan jantung
  5. Berat badan tidak stabil
  6. Infeksi vagina
  7. Pernafasan terganggu
  8. Kelebihan gula darah

Efek samping kelebihan vitamin B7

  1. Keracunan
  2. Menyebabkan jerawat
  3. Meningkatkan resiko keguguran
  4. Alergi
  5. Gangguan pada pernafasan
  6. Meningkatkan kadar glukosa darah

  1. Vitamin B9 / folic acid

Vitamin B9 sangat penting bagi tubuh, karena dengan mengonsumsi vitamin B9 ini sel darah merah akan diproduksi dengan baik dan sehat tentunya. Juga dapat membantu dalam pembuatan DNA. Yang sangat penting bagi sang ibu yang sedang hamil yaitu jika mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B9 dapat menurunkan resiko kecacatan pada bayi ketika lahir.

Jika tubuh kekurangan asupan vitamin B9, maka akan mudah terkena penyakit anemia dan gejalanya yaitu mudah lelah, jika sahabat merasa mudah lelah harus berhati-hati dan asupan gizi serta vitamin harus lebih ditekankan.

Makan yang Mengandung Vitamin B9

  • Kacang
  • asparagus
  • bayam
  • kacang polong
  • brokoli
  • sereal
  • kentang
  • kubis
  • hati
  • buncis

Manfaat Vitamin B9

  1. Mencegah Osteoporosis
  2. Menurunkan resiko bayi lahir prematur
  3. Menghilangkan nyeri otot
  4. Meningkatkan daya ingat
  5. Menghilangkan racun
  6. Mengobati depresi
  7. Menghindari keguguran
  8. Mencegah stroke
  9. Mencerdaskan anak
  10. Mencegah penyakit jantung
  11. Menyuburkan kandungan

Vitamin B12

  1. Vitamin B12 / cobalamin

Vitamin B12 ini sangat berguna dalam memproduksi sel darah merah yang sehat, juga dengan mengonsumsinya akan menjadikan makanan energi serta menjaga sistem saraf pada tubuh supaya selalu tetap sehat.

Makan yang Mengandung Vitamin B12

  • Keju
  • ikan salmon
  • susu
  • daging
  • kerang-kerangan

Fungsi utama Vitamin B12

  1. menjaga kesehtan sistem saraf, mata dan kulit
  2. menghasilkan sel darah merah
  3. membantu proses aktivasi asam folat
  4. melepaskan energi makanan yang dikonsumsi
  5. membantu proses sintesis DNA

Mengonsumsi vitamin itu sangat penting bagi kesehatan tubuh, maka dari itu makanlah makanan yang sehat yang mengandung banyak vitamin. Semoga artikel ini bermanfaat ya sahabat.