Manfaat Ulat Sutra Bagi Manusia dan Hewan

By Apamanfaat.id Categories : Hewan

Manfaat Ulat Sutra Bagi Manusia dan Hewan – Menurut kebanyakan orang yang memiliki hewan peliharaan di rumahnya, seperti burung, reptil dll. ulat sutra merupakan pakan terbaik bagi hewan kesayangan yang anda pelihara karena nilai gizi yang terkandung didalam ulat sutra sangat baik bigi kesehatan serta pertumbuhan hewan peliharaan.

Ulat Sutra

Manfaat Ulat Sutra

Manfaat Ulat Sutra Bagi Hewan Peliharaan

  • Dapat mempercepat pertumbuhan dan kesehatan hewan peliharaan anda. Hal itu di sebabkan karena ulat sutra merupakan salah satu pakan yang menjadi sumber protein, kalsium, zat besi, magnesium, sodium, dan vitamin B1, B2, B3 yang cukup tinggi dibanding pakan lainnya.
  • Ulat sutra merupakan pakan yang paling enak bagi hewan, sehingga hewan peliharaan bisa makan lebih lahap dari biasanya.
  • Ulat Sutra merupakan pakan yang mudah di tangkap oleh pemangsanya dan sangat mudah di cerna ketika masuk kedalam perut hewan peliharaan anda.
  • Ulat sutra tidak memiliki rahang atau gigi yang tajam serta memiliki kaki yang tajam, sehingga menjadikan ulat sutra sebagai pakan yang aman dan tidak berbahaya bagi hewan kesayangan anda.
  • Hewan peliharaan membutuhkan makanan yang bervariasi dan ulat sutra sangat cocok untuk di jadikan pelengkap nutrisi bagi hewan.
  • Ulat Sutra tidak memiliki bau yang menyengat berbada hal nya dengan jenis pakan lainnya.
  • Ulat sutra mampu bertahan hidup lebih lama tanpa makanan ketimbang pakan lainnya seperti ulat hongkong, jangkrik dll.

Selain ulat sutra memiliki manfaat untuk hewan adapun manfaat lainnya yang bisa kita peroleh dari memanfaatkan ulat sutra tersebut bagi kehidupan manusia seperti: Kesehatan, Kecantikan, dan Sebagai salah satu sumber Ekonomi.

Manfaat ulat sutra bagi manusia bisa di bagi kedalam beberapa kategori seperti: kerajinan, kesehatan dan kecantikan.

Sebelum membahas manfaat ulat sutra lebih jauh alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang ciri-ciri ulat sutra dan berbagai jenis ulat sutra. Berikut di bawah ini ulasannya:

Ciri-ciri Ulat Sutra:

  • Memiliki bintik hitam di bagian punggung
  • Jika di pegang tidak gatal
  • Tubuhnya tidak di selimuti bulu
  • Memiliki kulit yang halus
  • Memiliki tubuh berwarna putih

Jenis-jenis ulat sutra:

  • Ulat Sutera Bombyx Mori > Makanan (Daun Murbei).
  • Ulat sutra eri (India ) atau Philosamia ricini Hutt > Makanan (Daun Jarak).
  • Ulat sutra tasar (Cina) atau Anthereae pernyi guerin > Makanan (Daun Quercus).
  • Ulat sutra tasar (Jepang) atau Anthereae yamami guerin > Makanan (Daun Alianthus Sp).
  • Ulat sutra India (India) atau Anthereae mylitta drury > Makanan (Daun Ketapang, Meranti dan Bungur).

Manfaat Ulat Sutra untuk Kerajinan

Sudah bukan berita baru lagi bahwa kepongpong yang di hasilkan dari ulat sutra bisa di olah menjadi kain sutra yang memiliki nilai jual dan kualitas tinggi, namun sayangnya tidak semua jenis kepongpong ulat sutra bisa di jadikan kain. Didalam industri kerajinan, kepongpong ulat sutra yang paling banyak dijadikan bahan dasar kain adalah ulat sutera mombyx mori, ciri-ciri paling mudah untuk mengetahui ulat setera ini ialah dari makanannya yaitu daun murbei.

Secara singkat proses pembuatan kain sutra bisa di bagi kedalam 3 proses pengerjaan antara lain:

  1. Serikultur yang meliputi, penanaman tanaman murbei yang nantinya di pergunakan sebagai pakan ulat sutra, Pemilihan bibit ulat sutra untuk menghasilkan kepongpong yang berkualitan, pemeliharaan ulat sutra agar tidak mati sebelum menghasilkan kepongpong dan yang terakhir adalah cocoon atau pemintalan kepongpong.
  2. Manufaktur yang merupakan sebuah proses membuat kain sutra dengan cara di tenun baik secara manual ataupun menggunakan mesin tenun.
  3. Fashion: hasil tenun yang berupa kain sutra nantinya bisa di olah kembali menjadi aneka ragam pakaian seperti: Batik, Hijab, Sarung dan banyak lagi produk lainnya yang bisa di hasilkan.

Manfaat Ulat Sutra untuk Kesehatan

Bombyx Batryticatu adalah istilah yang di gunakan bagi ulat sutra kaku, yang mana jenis ulat sutra ini sudah sangat lama sekali dimanfaatkan oleh orang-orang cina untuk mengobati berbagai penyakit seperti, mencairkan dahak, mengobati flu dan mengurangi efek kejang-kejang.

Adapun kriteria Bombyx Batryticatu yang dapat di jadikan sebagai obat adalah larva yang sudah mati dan mengering karena sebuah penyakit muskadin putih dalam kurun waktu sekitar 4 sampai 5 tahun baru bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Manfaat Ulat Sutra untuk Kecantikan

 Bagian terpenting dari ulat sutra yang dapat dijadikan sebagai product kecantikan adalah kepongpong yang dihasilkannya, karena kandungan kepongpong tersebut memiliki zat antibakteri yang sangat berperan penting dalam menjaga jaringan kulit.

Selain zat anti bakteri yang terdapat dalam kepongpong, ada pun protein yang berperan penting dalam menjaga agar keremajaan kulit tetap terjaga.

Tahukah anda bahwa struktur jaringan kepongpong ulat sutra memiliki kemiripan dengan struktur jaringan kulit pada manusia jika di tinjau dari Ph dan asam amino.

Bagi anda yang ingin memiliki kulit wajah tanpa komedo, menghilangkan flek-flek hitam di wajah, memiliki kulit cerah alami dan halus seperti bayi, anda bisa menjadikan kepongpong ulat sutra sebagai scrub. Selain itu kandungan protein atau fibroin yang dihasilkan ulat sutra dapat menjadikan kulit bersinar bagaikan mutiara dan hebatnya lagi, kandungan fibroin tersebut dapat menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

Sekian informasi kali ini yang membahas tentang manfaat ulat sutra, semoga bisa memberikan manfaat bagi kehidupan anda dan jangan lewatkan informasi yang tidak kalah penting dan menarik di kesempatan selanjutnya.