Manfaat Singkong dan Efek samping Bagi Kesehatan

By Apamanfaat.id Categories : Tanaman

Manfaat Singkong dan Efek samping Bagi Kesehatan – Singkong atau biasa disebut dnegan ubi kayu dan ketela pohon ini memang memiliki karbohidrat yang sangat tinggi sehingga singkong ini bisa mengenyangkan dan bisa dijadikan pengganti nasi. Singkong ini sangat cocok tumbuh diberbagai jenis tanah, asalkan tanah tersebut cukup gembur untuk ditanami.

Singkong ini berasal dari Amerika Selatan terkhusus di Paraguay dan Brazil. Singkong sudah ada sejak lama dan sampai sekarang ini singkong masih eksis dipasaran, terutama sekarang ini banyak sekali jajanan atau camilan yang berbahan dasar singkong. Makanan kampung dapat menjadi camilan kota jika dipoles dengan seni dan keterampilan yang baik.

Bagi sahabat pecinta singkong, pastinya mantep seklai bukan jika sedang menyantap singkong, apalagi jika singkongnya di bakar, rebus dan digoreng rasanya begitu meledak dalam mulut. Namun apakah sahabat tahu manfaat yang trekanudng di dalam singkong? Nah jika sahabat belum mengetahuinya, sekarang waktunya untuk tahu karena admin akan memberikan informasi mengenai manfaat singkong untuk kesehatan.

manfaat singkong

Manfaat Singkong

  1. Mencegah kanker

Di dalam singkong terdapat antioksidan yang baik untuk menjaga kestabilan tubuh, antioksidan ini berguna dalam mencegah datangnya radikal bebas yang akan menyebabkan kanker pada tubuh. dan antioksidan inipun dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang akan disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Menjadi sumber energi bagi tubuh

Singkong mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, dalam 100 gram singkong mengandung 160 kalori dan 38 gram karbohidrat. Itu tak lain adalah singkong dapat bisa sekali menjadi pengganti nasi karena dapat mengenyangkan.

  1. Menurunkan kolesterol

Studi yang pernah dilakukan di Filipina menyatakan bahwa singkong termasuk tanaman yang sangat penting. Dan pada penelitian tersebut singkong sangat efektif dalam menurunkan kolesterol. Tak hanya itu singkong juga mengandung saponin yanng tak lain adalah untuk mencegah asam empedu.

  1. Mencegah anemia

Singkong mengandung mineral yang sangat baik dalam membentuk molekul protein dalam sel darah (hemoglobin) dan protein yang terdapat pada otot dan jantung (mioglobin) yang kerjanya yaitu untuk menyebarkan oksigen keseluruh tubuh.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Tulang dan gigi sangat membutuhkan kalsium untuk selalu terjaga kesehatannya. Tak hanya kalsium saja, melainkan Vitamin K yang bagus juga untuk menceah hilangnya kalsium dan membangun susunan tulang.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Serta yang terdapat pada singkong snagat baik untuk kesehatan jantung, karena serta dapat mengurangi kolesterol yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung. Tak hanya itu saja serat juga snagat baik dalam menjaga sirkulasi darah tetap sehat.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Serat yang terdapat pada singkong memiliki zat pribiotik (bakteri baik dalam usus) yang biasanya juga dikenal sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. bakteri dalam usus tersebut mampu meningkatkan sistem imun dalam tuubuh.

  1. Melindungi jaringan tubuh

Protein sangatlah penting untuk tubuh kita karena dapat memperbaiki jaringan dalam tubuh, dan singkong mengandung protein tersebut. Di dalam daun singkong tredapat banyak sekali jenis protein seperti, leusin, lisin, valin, arigin dan isoleusin. Semua protein tersebut tidak umum ditemukan di dalam tumbuhan hijau lainnya. Dan protein yang tredapat dii dalam daun singkong ini mampu dibandingkan dengan sumber protein lain seperti kacang kedelai dan telur.

  1. Mecegah sembelit dan menurunkan berat badan

Serat yang terdapat dalam daun singkong snagatlah baik untuk melancarkan pencernaan, selain itu dengan mengkonsumsi daun singkong perut akan mudah kenyang dan tidak akan mudah lapar, makanya sangat baik untuk anda yang sedang mencoba program dietg.

  1. Menurunkan tingkat gula darah

Serat yang terdapat di dalam daun singkong sangat baik dikonsumsi bagi sahabat yang memiliki diabetes atau gula darah, karena serat membantu melambatkan proses gula kedalam aliran darah. Bagi anda yang menderita diabetes boleh mengonsumsi daun singkong tanpa khawatir

Efek samping mengkonsumsi singkong:

Jangan sampai pernah mengkonsumsi singkong dalam keadaan mentah, karena singkong mengandung racun yang biasa disebut dengan linamarin. Racun tersebut akan berubah dalam sistem pencernaan menjadi sianida yang akibatnya begitu fatal jika dikonsumsi, bahkan racun tersebut dapat menyebabkan kematian. Tak hanya itu zat racun dapat mempengaruhi ginjal dan fungsi hati.

Demikian manfaat singkong untuk kesehatan yang admin bisa sajikan, semoga bermanfaat.