Manfaat Sinar Matahari Pagi

By Apamanfaat.id Categories : Alam

Manfaat Sinar Matahari pagi bagi Kesehatan – Sinar matahari merupakan sumber kehidupan untuk semua makhluk hiup yang ada di bumi, semuanya membutuhkan sinar matahari karena energi yang terdapat di dalam matahari itu sangat banyak sekali sehingga semua makhluk hidup membutuhkannya, termasuk bagi hewan serta tumbuhan terkhusus untuk manusia.

Sinar matahari di pagi hari tak hanya indah untuk dipandang serta menghangatkan tubuh saja melainkan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi tubuh kita sangat memerlukan Vitamin D untuk pembentukan tulang dan dengan sinar matahari kita bisa dengan gratis mendapatkannya.

Tak hanya vitamin D saja, sinar matahari juga mengandung mikro bakteria yang mampu membunuh bakteri pada tubuh, sehingga sahabat lebih disarankan untuk lebih menyempatkan diri untuk selalu terkena sinar matahari di pagi hari, dan kalau bisa membangun rumah yang sekiranya dapat tersinari oleh matahari.

Nah bagi sahabat yang belum tahu nih apa saja manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan padahal setiap hari kita tersinari oleh matahari. yuk kita langsung pelajari dan simak saja informasinya di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Manfaat Sinar Matahari

  1. Membentuk tulang

Sinar matahari mengandung vitamin D, sehingga ketika kita tersinari oleh sinar matahari di pagi hari vitamin D dalam tubuh akan meningkat sehingga kalsium juga akan diserap dengan lebih oleh tubuh dengan demikian pembentukan tulang akan baik dan terhindar dari penyakit osteomalacia.

  1. Mengurangi gula darah

Kadr gula darah sangatlah berbahaya jika didiamkan begitu lama, karena akan menimbulkan penyakit yang luar biasa. Untuk menjaga gula darah supaya tetap normal kita hanya perlu tersinari oleh matahari saja beebrapa menit salah satunya. Dengan sinar matahari tubuh kita dengan mudah menyerap glukosa yang masuk pada sel yang ada di tubuhyang merangsang gula dalam tubuh menjadi glycogen hingga dengan proses tersebut kdar gula darah akan menurun.

  1. Menurunkan kolesterol

Perlu sahabat ketahui bahwa kolesterol yang tersimpan di dalam kulit akan berubah menjadi vitamin D ketika tersinari oleh matahari dan secara langsung kolesterol tersebut akan keluar dari darah melalui kulit. Dan hal inilah yang membuat kadar kolesterol di dalam tubuh itu akan normal, maka dari itu seringlah berjemur ya sahabat.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut penelitian, jika kita berjemur di bawah matahari sekitar 10 menit sebanyak dua kali dalam seminggu maka dapat mengurangi resiko flu. Dan kondisi itu akan bertahan selama kurang lebih tiga minggu. Maka dari itu seringlah berjemur, karena ketika matahari menyinari kita maka sel darah putih akan meningkat dan bertambah sehingga dengan mudah menyerang penyakit yang akan menghampiri.

(Jangan lupa baca juga tulisan menarik lainnya tentang manfaat matahari bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan)

  1. Mengandung vitamin D

Ketika kita berjemur di bawah sinar matahari selama 5 menit saja, maka secara tidak langsung tubuh kita sudah diberikan vitamin D sebanyak 400 unit, waw keren sekali bukan sinar matahari ini. Tak heran jika kita disarankan untuk berjemur di pagi hari. Apalagi untuk bayi karena bayi sangat memerlukan sinar matahari pagi hari untuk pembentukan tulangnya.

Untuk mengetahui tentang betapa pentingnya manfaat vitamin d silahkan baca tulisan sebelumnya yang membahas tentang hal demikian.

  1. Pembunuh bakteri dan infeksi

Sinar matahari ini sangat membantu sekali tubuh kita dalam pencegahan maupun pembunuhan bakteri. Bagi sahabat yang memiliki penyakit asma, keracunan darah, TBC, peritonisis, mumps, dan pneumonia sangat disarankan untuk terapi sinar matahari di pagi hari karena tubuh sangat membutuhkan sinar matahari untuk membunuh semua bakteri di dalam tubuh. tak hanya itu virus yang menyebabkan kanker juga mampu di bunuh oleh sinar matahari.

  1. Meningkatkan fungsi pernafasan

Salah satu manfaat dari sinar matahari ini yaitu untuk menyaalurkan oksigen pada jaringan darah, dengan itu saluran pernafasan akan lebih baik dan lancar tanpa ada gangguan apapun, maka dari itu banyak sekali manfaat sinar matahari ini.

  1.  Menjaga kesehatan ginjal

Ketika tubuh kita terkena paparan sinar matahari di pagi hari, maka fungsi ginjal dalam tubuh akan bekerja lebih maksimal dalam menjalankan fungsinya. Untuk mengetahui apa saja fungsi ginjal silahkan simak ulasannya di bawah ini:

  • Dalam 1 hari, berkali-kali semua darah yang terdapat didalam tubuh akan mengalir dan melewati ginja untuk di saring. Sisa zat dan lebihnya cairan dalam tubuh akan berubah menjadi urine. Seteleh terbentuk urine, maka urine tersebut akan di keluarkan dari tubuh sebagai air seni setelah di alirkan ureter dan kandung kemih.
  • Ginjal sebagai penyaring racun, garam berlebih dalam tubuh dan zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Tanpa ginja yang sehat, zat-zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh melalui makanan dan minuman, dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan merusak organ-organ tubuh lainnya.
  • Keseimbangan air didalam tubuh bisa terpantau dan terkendali dengan adanya ginjal yang sehat.
  • Gijal mampu menghasilkan enzim renin sehingga dengan adanya ginjal maka tekanan dara bisa teratur.
  • Menjaga keseimbangan sel darah merah dalam tubuh.
  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan kadar Ph dalam darah.
  • Dapat terjaganya konsentrasi mineral seperti: fospor, kalim dan natrium dalam darah.
  • Menyeimbangkan zat kimia yang ada didalam tubuh.

Nah sobat, semoga manfaat sinar matahari pagi ini bisa lebih kita manfaatkan ya setelah kita mengetaui banyaknya manfaat yang terkandung. Jangan lupa share ya jika artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mencintai ginjal anda agar hidup sehat yang kita harapkan bisa terwujud.