Manfaat Rebung Tunas Pohon Bambu Muda

By Apamanfaat.id Categories : Sayuran

Manfaat Rebung Tunas Pohon Bambu Muda untuk Kesehatan – Kalau makanan yang satu ini kemungkinan besar masih banyak orang yang belum mengetahuinya apalagi mengkonsumsinya, ya karena memerlukan cara khusus untuk memasaknya, dan jika tidak bisa maka rebungpun tidak akan terasa enak dan empuk.

Berbicar tentang rebung, apakah sahabat tahu dari mana asalnya rebung ini? Rebung merupakan akar bambu atau tunas bambu yang masih muda yang dijadikan bahan masakan, ya orang-orang yang tinggal dekat gunung sering mengkonsumsi rebung karena sangat mudah di jumpai dihutan, namun sekarang ini yang di kotapun bisa merasakan nikmatnya mengkonsumsi sayur rebung karena sekarang ini sudah banyak makanan yang dipasok dari kampung ke kota dan bisa kita jumpai di pasar-pasar tradisional.

Rebung atau tunas bambu ini biasanya dijadikan bahan tambahan dalam isian lumpia, dan seringnya dijadikan sebagai sayur dan disantap dengan nasi hangat. Banyak yang belum tahu masakan yang satu ini, dan mungkin yang sudah pernah memakannyapun belum tahu apa saja kandugan di dalamnya sehingga banyak manfaatnya untuk tubuh kita.

Rebung memiliki kandungan kaya akan nutrisi, salah satunya yaitu mengandung protein dan karbohidrat yang sangat penting bagi tubuh. dan jika sahabat rutin mengkonsumsi rebung, maka akan terhindar dari yang namanya kanker yang sangat ditakuti oleh manusia. Nah bagi sahabat yang ingin mengetahui manfaat rebung untuk kesehatan, yuk kita langsung saja simak di bawah ini informasinya.

Manfaat Rebung

Manfaat Rebung

  1. Melawan Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia yang sangat ditakuti oleh seluruh manusia, ya karena jika terserang kanker hidup terasa sempit karena dengan adanya berbagai vonisan dari dokter. Namun sekarang ini zamn sudah canggih, bnyk orang yang peduli sehingga banyak obat untuk mengatasinya, mulai dari bahn kimia hingga yang tradisional.

Dan salah satunya yang berbahan tradisional yaitu dengan mengkonsumsi rebung, ya karena rebung mengandung fitosterol yang tak lain mampu melawan kanker yang akan merusak tubuh kita.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan di dalam rebung ini tidak terdapat kalori sehingga secara tidak langsung mengkonsumsi rebung ini mampu mengontrol kolesterol dalam tubuh menjadi normal, serta dapat menurunkan kolesterol jahat. Tak hanya itu dnegan mengkonsumsi rebung secara rutin juga dapat menstabilkan gula darah.

  1. Menjaga Jantung

Di dalam rebung ini terkandung fitonutrien dan pitosterol yang sangat baik dalam menjaga kolesterol dan tentunya dapat menurunkan kolesterol jahat yang membahayakan kesehatan tubuh. menurut penelitian kandungan tersebut dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan secara tidak langsung jantungpun akan terjaga dengan baik.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan nutrisi pada rebung sangat banyak diantaranya yaitu vitamin A, vitamin E, vitamin B6, Asam folat, Riboflabin dan Thiamine, natrium, kalium, seng, tembaga, zat besi, dan kalsium. Dan semua kandungan tersebut sangat membantu tubuh dalam menjaga sistem imun tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah

Tahukah anda bahwa rebung mengandung kalium yang tak lain dapat menurunkan serta menjaga tekanan darah agar tetap normal jadi tak heran jika makanan tradisional yang tak banyak orang tahu ini banyak digemari oleh pecintanya.

  1. Menurunkan berat badan

Kebanyakan orang yang sedang diet sangat menjaga makanannya terutama pada makanan yang mengandung banyak kalori, nah bagi anda yang sedang diet sangat dianjurkan deh makan rebung karena sudah banyak dikenal orang bahwa rebung sangat rendah kalori. Selain itu serat yang terkandung sangat baik karena jika memakan rebung akan mudah kenyang.

  1. Melancarkan Pencernaan

Makanan tradisional ini memang banyak sekali khasiatnya, bagi sahabat yang memiliki masalah pada pencernaan bisa mengkonsumsi makanan rebung ini ya, supaya pencernaannya lancar dan terhindar dari penyakit diare serta gastroenteritis.

Tulisan Terkait:

Demikian manfaat rebung tunas pohon bambu muda untuk kesehatan yang bisa admin sajikan, semoga bermanfaat ya sob.