Manfaat Jagung untuk Kesehatan

By Apamanfaat.id Categories : Sayuran

Manfaat Jagung untuk kesehatan – Jagung merupakan salah stau jenis ayuran yang sering dijadikan campuran masakan, misalkan sayur lodeh, sayur asem, bisa dicampur dengan bayam dan masih banyak lagi yang lainnya. Jagung memang bukan makanan pokok di Indonesia, meskipun kita tahu bahwa jagung sangat banyak ditanam di indonesia. Tak hanya jagung yang masih muda dan segar, jagung yang sudah tuapun dan kering masih bisa dimakan dnegan enak, yaitu dnegan dijadikan popcorn dan masakan jenis lainnya.

Dari sekian banyaknya sauran pasti memiliki manfaat yang luar biasa yang terkandung di dalamnya, begitupun dengan jagung, jagung boleh dikonsumsi oleh siapapun dan segala usia arena nutrisi dan gizinya yang snagat kaya.

Bagi sahabat pecinta jagung, apakah sudah tahu apa manfaat jagung yang terkandung di dalamnya? Nah jika belum tahu yuk kita sama-sama cari tahu infromasinya di bawah ini.

manfaat jagung manis

Manfaat jagung

  1. Sumber mineral

Jagung merupakan salah satu sauran yang kaya akan mineral yang snagat dibutuhkan oleh tubuh. tak hanya mineral saja fosfor, zat besi, seng, mangan dan magneisum juga tredapat di dalamnya. Sumber mineral selenium yang trekandung di dalam jagung sangat jarang sekali ditemukan di dalam makanan lain. Semua kandungan yang terdapat dalam jagung snagat bagus sekali untuk menjaga kesehatan tulang dan juga kesehatan jantung.

  1. Mengandung antioksidan

Menurut studi yang pernah dilakukan bahwa Antioksidan yang terdapat dalam jagung sangat banyak sehingga mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan terjadinya kanker. Manfaat antioksidan ini memang sudah terbukti mampu mengurangi terjadinya kanker karena apoptosis pada sel kankerdiinduksi oleh antioksidan tersebut.

  1. Menjadi sumber energi

Di dalam jagung tredapat vitamin B termasuk Niacin juga Thiamin. Kedua nutrisi tresebut snagat penting untuk fungsi kognitif serta menjaga kesehatan saraf. Menurut pakar gizi jika kita kekurangan Niacin maka akan trejadi diare, dematitis dan demensia. Tak hanya tu di dalam jagung juga terdapat karbohidrat, lemak, protein, asam folat dan vitamin E.

Jangan lupa baca juga tulisan lainnya tentang:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Seperti penelitian yang pernah dilakukan, bahwa minyak jagung memiliki efek yang sangat baik dalam mengurangi rsiko berbagai penyakit karena terdapat efek anti-aterogenik di dalamnya. Tak lain adalah bahwa minyak jagung snagat baik dalam meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Menjadi sumber kalori

Terdapat 342 kalori dari jagung sebanyak 100 gram, maka tak heran jika jagung merupakan sumber makanan yang mengandung kaya akan kalori. Bagi sahabat yang ingin menambah berat badan, bisa mengkonsumsi sereal yang bahan dasarnya jagung.

  1. Mencegah anemia

Jagung mengandung asam folat serta vitamin B12 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terkhusus bagi penderita anemia. Tak hanya itu zat besi juga terdapat dalma jagung yang tak kalah pentingnya dalam mencegah anemia dalam tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol

Menurut penelitian yang pernah dilakukan bahwa mengkonsumsi minyak jagung snagat baik sekali dalam menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh dan menggantikannya dnegan kolesterol yang baik. Dengan secara tidak langsung akan menurunkan resiko penyakit jantung.

Itulah manfaat jagung untuk kesehatan yang bisa disharekan untuk sahabat dirumah, semoga bermanfaat ya.