Manfaat Ikan Tuna Untuk Ibu Hamil

By Apamanfaat.id Categories : Hewan

Manfaat Ikan Tuna Untuk Ibu Hamil – Masa kehamilan merupakan masa yang selalu dimanjakan, ya karena ketika sedang hamil kita tidak boleh bekerja yang terlalu berat serta tidak boleh makan sembarangan. Ibu yang sedang hamil dihruskan menjaga pola makannya supaya asupan yang dimakan menjadi nutrisi bagi sang janin di perut.

Makanan sehat sangatlah penting bagi ibu terlebih lagi bagi snag janin karena akan membantu dalam proses perkembangan dalam rahim. Makanan yang penuh dengan gizi dan nutrisi diharuskan dikonsumsi oleh sang ibu untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin. Banyak jenis makanan yang penuh dengan nutrisi juga gizi diantaranya yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, daging dan juga ikan air laut maupun ikan air tawar.

Semua jenis makanan diatas sangatlah penting bagi ibu yang sedang hamil untuk menunjang kehamilannya supaya terus sehat ibu dan janinnya serta lahir dalam keadaan selamat. Dan salah stu makanan untuk kesehatan ibu dan janin yang akan admin bahas kali ini yaitu mengenai manfaat ikan tuna untuk ibu hamil dan janin, apakah sahabat sering makan ikan tuna ini? Ya pastilah sering ya karena sekarang ini banyak banget hidangan lezat yang bahan dasarnya ikan tuna ini, namun apakah anda sudah tahu mengenai kandungan gizi yang terdapat pada ikan tuna ini? Jika anda belum tahu yuk kita cari tahu saja informasinya.

Manfaat Ikan Tuna

Manfaat Ikan Tuna

  1. Mengandung Protein

Kandungan protein yang terdapat dalam ikan tuna ini lebih tinggi dibandingkan dengan telur. Bagi ibu yang sedang hamil kandungan protein sangatlah penting, yaitu untuk membersihkan darah apalagi ketika nanti setelahnya proses melahirkan. Untuk sang janin tak kalah pentingnya karena protein ini berfungsi untuk membantu dalam pembentukan kuku, rambut, kulit dan menjaga ototnya supaya kuat.

  1. Mengandung Zat Besi

Zat besi juga tak kalah pentingnya dengan yang lain, karena zat besi ini mampu menjaga fungsi organ tubuh agar tetap bekerja dengan normal. Tak hanya itu saja zat besi juga mampu menjaga ibu hamil dari anemia atau darah rendah. Jika ibu hamil sering mengkonsumsi ikan tuna maka resiko anemia akan terhindar, dan tahukah anda jika anemia ini dapat menghambat peredaran oksigen yang ada pada tubbuh hingga jika anemia ini terdapat pada ibu hamil maka akan beresiko bayi lahir dengan berat badan yang kurang dan bahkan lahir secara prematur. Selain itu juga zat besi dapat mengurangi pendarahan ketika lahiran dan juga dapat membantu dalam pembentukan plasenta.

  1. Mengandung kalsium

Sahabat pasti tahu kan jika kalsium ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga janin, ya karena kalsium ini dapat mencegah ibu hamil terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang ketika sedang hamil. Untuk janin kalsium ini sangat dibutuhkan sekali untuk pembentukan tulang serta giginya, jika janin kekurangan kalsium maka kalsium yang ada pada tubuh sang ibu akan diambil sebagai gantinya, dan hal itulah yang akan menyebabkan ibu hamil terkenal penyakit osteoporosis, maka dari itu asupan kalsium harus selalu diperhatikan ya bunda.

  1. Mengandung Fosfor

Fosfor bagi ibu hamil berfungsi untuk meningkatkan metabolisme, yang tak lain adalah mampu menjaga energi tubuh sang ibu ketika hamil, jika zat fosfor ini kurang didapatkan oleh snag ibu maka akan sering merasakan kram pada tungkai. Dan fosfor bagi sang janin berfungsi untuk membantu dalam pembentukan tulang serta gigi.

Baca Juga tulisan lainnya tentang:

  1. Mengandung Vitamin

Ikan tuna sangat kaya akan vitamin, yang tak kalah pentingnya yaitu Vitamin A yang harus selalu didapatkan oleh sang ibu untuk meningkatkan imun, memelihara sel tubuh dan dapat membantu dalam perkembangan janin. Tak hanya vitamin saja, asam folat juga terdapat pada ikan tuna ini yang befungsi untuk mencegah gangguan pada jantung dan untuk sang janin menurunkan resiko lahir cacat.

  1. Mengandung asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 ini sangat penting sekali bagi ibu hamil, karena dapat membantu janin mendapatkan kesehatan jantung, otak yang cerdas karena sistem saraf otak ditunjang perkembangannya. Tak hanya itu bayi akan memiliki kemampuan visual yang baik ketika dilahirkan serta indera penglihatannya akan baik pula.

  1. Asam Lemak Omega 6

Asam lemak omega 6 ini tak kalah pentingnya dengan nutrisi yang lain, ya karena banyak juga manfaatnya untuk snag janin, diantaranya yaitu mampu memperbaiki jaringan saraf yang rusak, membantu dalam perkembangan kecerdasan otak bayi, melancarkan peredaran darah dan menjaga kolesterol hingga jantung bayi terjaga kesehatannya.

Demikian manfaat ikan tuna bagi ibu hamil dan janin yang bisa admin sajikan, meskipun banyak nutrisi yang terkandung di dalam ikan tuna ini tetap saja makannya jangan kebanyakan, secukupnya saja. semoga bermanfaat ya bagi anda yang sedang menanti proses persalinan.