Lengkap Macam Macam Vitamin dan Fungsinya

By Apamanfaat.id Categories : Gizi

Macam-macam Vitamin dan Fungsinya – Vitamin merupakan salah satu jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh, namun vitamin itu tidak serta merta masuk dalam tubuh secara otomatis, melainkan bersamaan dengan makanan yang kita makan sehari-hari. Adapun vitamin itu trebagi pada dua bagian, yaitu vitamin yang larut pada air yaitu vitamin B dan C sedangkan vitamin yang larut pada lemak yaitu A, D, E dan K. Supaya tubuh bisa berjalan dengan normal vitamin sangat dibutuhkan, apalagi dalam menjaga metabolisme tubuh peran vitamin sangatlah penting. Oleh karena itu untuk perkembangan tubuh makhluk hidup yang ada di bumi vitamin sangatlah dibutuhkan.

Terdapat bermacam-macam vitamin yang ada pada saat ini yang menunjang pada kesehatan, perkembangan serta pertumbuhan tubuh kita, jika ada salah satu saja vitamin yang kurang pada tubuh, maka tubuhpun akan mengalami gangguan penyakit. Meskipun pada kenyataannya vitamin yang kita butuhkan setiap harinya sedikit.

Kenapa zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ternyata hanya sedikit yang dibutuhkan oleh tubuh itu sendiri, karena jika terlalu banyak vitamin masuk pada tubuh, maka vitamin itu akan terbuang melalui urin. Meskipun begitu tetap saja tubuh membutuhkan vitamin secara mutlak.

Mari kita cari tahu vitamin itu ada berapa macam vitamin sih sebenarnya, karena mungkin yang lebih populer itu yang biasa sering kita dengar vitamin A, vitamin B, Vitamin C dan Vitamin E, padahal masih ada vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh, kalau begitu yuk langsung saja kita simak infromasinya dibawah ini.

macam vitamin dan fungsinya

Macam Macam Vitamin dan Fungsinya

  1. Vitamin A (Retinal)

Vitamin A ini merupakan vitamin yang termasuk pada bagian yang larut pada lemak dan memiliki nama ain yaitu Retinal yang mungkin bahasa itu sering kita dengar yang berhubungan dengan mata, ya karena vitamin A ini fungsinya lebih menonjol pada kesehatan mata. Jika sahabat memiliki gangguan pada mata seperti katarak, rabun atau bisa dicirikan dengan metabolisme yang menurun, itu bisa dipatsikan anda kekurnagan asupan vitamin A.

Adapun makanan yang mengandung sumber vitamin A yaitu:

  • Susu
  • Kuning telur
  • Mentega
  • Minyak ikan
  • Pisang
  • Pepaya
  • Wortel

Fungsi Vitamin A bagi Tubuh sebagai Berikut:

  • Tentunya sangat baik dalam menjaga kesehatan mata
  • Menjaga metabolisme tubuh supaya tetap normal dan sehat
  • Menunjang pada perkembangan serta pertumbuhan anggota tubuh

Selengkapnya tentang Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang tergolong pada kategori yang larut pada air. Vitamin ini terbagi pada beberapa kelompok, namun meskipun begitu tetap saja sama peranannya yaitu untuk menjaga metabolisme tubuh supaya tetap normal.

Vitamin B memiliki dua sumber yaitu nabati dan hewani. contoh vitamin B yang berasal dari nabati yaitu seperti sayur-sayuran hijau dan gandum. Adapun contoh vitamin B yang berasal dari hewani yaitu seperti ikan dan susu.

Vitamin B memiliki beberapa golongan yaitu Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12. Untuk uraiannya marinkita cari tahu di bawah ini.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 sering juga disebut dengan Tiamin Hidroklorida yang bagus untuk mengatasi metabolisme dalam tubuh, juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, selain itu vitamin B1 membantu dalam proses pembakaran zat karbohidrat yang menyebabkan timbulnya energi pada tubuh.

Sumber vitamin B1 diantaranya yaitu susu, telur, gandum, nasi, hati, kacang-kacangan dan masih ada yang lainnya.

  • Vitamin B2

Vitamin B2 biasa juga disebut dengan Riboflavin, adapun fungsi dari vitamin B2 untuk tubuh yaitu untuk menjaga metabolisme tubuh dibagian dalam seperti halnya untuk membantu dalam proses energi yang dibutuhkan maupun yang digunakan oleh tubuh. selain itu vitamin B2 juga berperan penting dalam proses terbentuknya sel darah merah dan proses oksidasi pada asam lemak.

Vitamin B2 juga bersumber dari hewani dan nabati, Adapun sumber vitamin B2 yang bisa kita manfaatkan yaitu seperti susu, telur, kacang kedelai, sayuran dan masih banyak lainnya.

  • Vitamin B3

Niasin, ya itulah nama lain yang biasa orang menyebutnya selain kata vitamin B3 yang fungsinya yaitu memproses lemak, energi juga karbohdrat sehingga menghasilkan sebuah energi pada tubuh. tak hanya itu bagi anda yang memiliki riwayat penyakit gula bisa dengan rutin menngkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B3, karena mampu menstabilkan kadar gula yang ada pada darah. Selain itu juga dapat menstabilkan tekanan darah dan mengeluarkan racun yang ada pada tubuh.

Vitamin B3 juga sama bersumber dari nabati dan hewani, diantaranya yaitu seperti ikan, hati, daging unggas, kentang, gandum, dan masih banyak lainnya.

  • Vitamin B5

Vitamin B5 ini bersumber dari nabati dan hewani, dan biasa juga disebut dengan asam pantotenat. Fungsi dari vitamin B5 yaitu memproses enzim yang ada pada tubuh, memproses nutrisi makanan, memproses hormon, dan sebagai neurotransmiter yang ada pada otak juga saraf.

Vitamin B5 bisa kita temui pada ginjal, daging, susu, hati, sayuran hijau, kacang hijau dan masih banyak lagi makanan lainnya yang mengandung vitamin B5.

  • Vitamin B6

Nama lain dari vitamin B6 yang biasa disebut yaitu dengan nama Piridoksin, yang sangat berfungsi untuk dalam pertumbuhan tubuh. yang lebih spesifiknya vitamin B6 berfungsi untuk memproses metabolisme pada nutrisi, dapat memproses sintesis energi dan memproses antibodi supaya sistem imun berkemampuan lebih dalam menjaga tubuh.

Adapun sumber vitamin B6 yang bisa kita dapatkan yaitu dari nabati dan juga hewani, seperti jagung, ikan, daging, beras, kacang-kacangan, dan masih banyak lainnya.

  • Vitamin B7

Biotin merupakan nama lain dari vitamn B7 yang mungkin sering kita dengar dalam bahasa kedokteran. Vitamin B7  berfungsi untuk bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, menjaga kadar gula dalam darah, melancarkan metabolisme energi pada tubuh dan membantu merawat kuku juga rambut.

Vitamin B7 bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi ikan salmon, telur, kacang-kacangan, gandum, wortel dan keju. Asupan vitamin B7 sehari-hari dianjurkan sekali dan jangan sampai tubuh kekurangan vitamin B7 karena dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti, anemia, hyperesthesia, pharesthesia, gangguan fungsi jantung, dermatitis dan masih ada lainnya.

  • Vitamin B9

Asam folat, ya mungkin nama ini sudah tak asing lagi di telinga anda, kaena asam folat sering kita  dengar meskipun belum tahu apa itu asam folat.

Asam folat adalah nama lain dari vitamin B9, yang berfungsi untuk membentuk jaringan tubuh, membentuk sel darah merfah, membantu pertumbuhan rambut, memperbaiki DNA, membantu dalam perkembangan bayi dan mengoptimalkan fungsi otak.

Vitamin B9 bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi selada, bayam, kacang-kacangan, kuning telur, biji bunga matahari, dan semangka. Vitamin B9 ini jangan sampai terlewatkan setiap hari kita makan, karena jika tubuh kekurangan vitamin B9 akan menyebabkan diare, sariawan dan tergangguanya pertumbuhan tulang belakang.

  • Vitamin B12

Vitamin ini berbeda dengan jenis vitamin B lainnya, karena vitamin B12 hanya didapatkan dari hewani saja. Vitamin B12 memiliki nama lain yaitu kobalamin, vitamin ini berperan penting dalam membantu proses DNA dan proses metabolisme pada tubuh.

Vitamin B12 bisa kita dapatkan dari telur, hati, daging dan lainnya yang bersumber dari hewani. Selengkapnya silahkan baca tulisan kami tentang manfaat vitamin b kompleks

  1. Vitamin C

Berbeda dengan vitamin B12 yang baru saja kita bahas, vitamin C hanya bisa kita dapatkan dari makanan nabati saja. Nama lain dari vitamin C yaitu Askorbat yang memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas yang akan merusak sel-sel yang ada pada tubuh. selain itu vitamin C mampu membantu dalam pembentukan kolagen yang tak lain kolagen itu adalah sebuah protein yang dapat membentuk jaringan tulang, sendi, dan kulit.

Vitamin C hanya bisa kita dapatkan dari nabati saja seperti, semangka, jeruk, sayur-sayuran, tomat dan masih banyak lagi makanan lainnya yang mengandung vitamin C. untuk informasi lebih lanjut silahkan baca tulisan kami tentang manfaat vitamin c bagi kesehatan, kecantikan kulit dan rambut.

  1. Vitamin D

Vitamin D bersumber dari nabati juga hewani yang larut dalam lemak, yang memiliki peranan penting dalam kesehatan tulang. Dan fungsi dari vitamin D itu sendiri yaitu untuk membantu dalam memproses metabolisme mineral dan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan tulang, membantu dalam proses pertumbuhan tulang.

Vitamin D bersumber dari telur, ikan, susu, keju dan masih banyak lainnya. baca juga tulisan lainnya tentang Manfaat Vitamin D lebih lanjut agar kelengkapan informasi bisa anda dapatkan.

  1. Vitamin E

Sering kita dengar istilah vitamin E ini, dan fungsinya sangat banyak untuk kesehatan tubuh. vitamin ini larut dalam lemak yang perannya mampu menjaga kesehatan tubuh diantaranya kesehatan mata, jaringan kulit, hati, dan sel darah. Selain itu mampu menghasilkan antioksidan alami bagi tubuh. yang paling penting dan ditakutkan oleh semua orang yaitu takut tua sebelum waktunya, nah dengan mengkonsumsi vitamin E dapat mencegah penuaan dini.

Vitamin E bersumber dari nabati juga hewani seperti, ikan, kuning telur, ragi, tumbuh-tumbuhan, ayam dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: Manfaat, Efek Samping dan Sumber Vitamin E

  1. Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang memiliki peranan dala tubuh, yaitu membantu dalam memproses pembekuan darah, juga berperan dalam mempercepat penyembuhan pada luka.

Vitamin K bisa kita dapati dari hati, buncis, kol, kacang polong, brokoli dan sayuran hijau lainnya.

Baca Juga: Vitamin K : Manfaat, Efek Samping dan Sumber Makanan

Demikian artikel yang bisa admin share untuk sahabat dirumah, semoga artikel mengenai macam-macam vitamin ini bisa bermanfaat untuk sahabat.