Cara Pemasangan Beserta Izin Pemasangan Solar Panel Indonesia

Listrik sudah seperti teman sejati dan tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia. Sayangnya mengandalkan sumber listrik utama dianggap kurang mencukupi, sehingga banyak dari masyarakat yang mulai memasang solar panel Indonesia. Sayangnya pemasangan tidak boleh dilakukan sembarangan. Berikut cara pemasangan panel tenaga solar yang benar.

 

Cara Memasang Panel Tenaga Surya

solar panel

Sebelum mulai memasang solar panel, perlu diingat bahwa hal ini hanya bisa dilakukan oleh para teknisi ahli yang telah memiliki pengalaman saja. Bahkan para teknisi pun harus melakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan. Analisis yang dilakukan terkait dengan berapa banyak jumlah energi yang dibutuhkan.

Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, kita dapat mengetahui beberapa informasi penting mulai dari kebutuhan daya harian hingga besaran tagihan yang perlu dibayarkan setiap bulannya. Selanjutnya para teknisi mulai melakukan survei menuju lokasi pemasangan untuk mendapatkan data yang lebih valid dan sesuai kebutuhan.

Usai melakukan survey secara menyeluruh, barulah pihak penyedia jasa mulai melakukan pemasangan solar panel Indonesia. Apabila satu rumah hunian setidaknya membutuhkan daya listrik sekitar 2200 watt, maka setidaknya teknisi harus memasang 6 hingga  8 panel berukuran 1×2 meter di bagian atap rumah.

Namun perlu diingat bahwa instalasi panel solar tidak dilakukan secara gratis. Setidaknya Anda harus membayarkan setiap panel yang terpasang. Semakin banyak panel yang dibutuhkan, otomatis semakin banyak pula anggaran yang harus dikeluarkan. Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali keputusan Anda sebelum melakukan pemasangan.

 

Izin Pemasangan Panel Tenaga Surya

Selain berawal dari kesadaran masyarakat, ternyata aksi pemasangan panel solar juga mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat. Hal ini dikarenakan panel solar dianggap lebih ramah lingkungan, karena tidak mencemari atau bahkan merusak lingkungan sekitarnya. Bahkan pemerintah telah mengatur perizinan pemasangannya.

Peraturan tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 12 Tahun 2019, serta diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2019. Dalam peraturan tersebut telah tertuliskan bahwa masyarakat yang memasang panel tenaga surya tidak melebihi 500 (kVA), tidak perlu membuat surat izin pemasangan.

Sedangkan bagi mereka yang hendak memasang panel tenaga surya melebihi dari 500 kVA, diperkenankan untuk membuat izin pemasangan terlebih dahulu. Agar proses pembuatan izin berjalan lancar, pihak pemohon diharuskan melengkapi berbagai persyaratan baik secara administrasi maupun secara teknis.

Pemerintah akan melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa pihak pemohon memenuhi semua persyaratan syarat pemasangan solar panel Indonesia. Beberapa dokumen yang harus dilengkapi mulai dari kepemilikan hasil uji pabrik, dokumen standar keselamatan, hingga sertifikat produk. Apabila semua dokumen terpenuhi, otomatis Anda bisa mengantongi izin operasi.

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, kita dapat mengetahui bahwa pemasangan panel tenaga surya tidak boleh dilakukan sembarangan. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh para teknisi yang sudah handal di bidangnya, mengingat resiko pekerjaan yang cukup tinggi karena berkaitan langsung dengan listrik. Jangan lupa juga untuk menggunakan produk berkualitas dari SUN Energy. Kunjungi websitenya di sunenergy.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Comment