Apa Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia?

By Apamanfaat.id On Monday, May 29th, 2017 Categories : Alam

Hutan yang terkenal dengan istilah paru-paru dunia ini memilika sejuta manfaat dan menjadi sumber kehidupan bagi aneka jenis hewan (fauna) dan berbagai jenis tumbuhan (flora). Menjaga dan merawat kelestarian hutan akan memberikan banyak manfaat bagi manusia. Begitu juga sebaliknya, jika kita tidak mampu menjaga atau bahkan merusak kelestarian hutan akan menimbulkan dampak yang tidak kita harapkan.

Rasa ingin menjaga dan melindungi tidak akan muncul dalam benak kita jika kita tidak mengetahui akan apa manfaat hutan bagi kehidupan manusia, maka oleh sebab itu berikut di bawah ini beberapa ulasan yang membahas tentang manfaat yang akan kita peroleh dari keberadaan huta yang berdampak pada kehidupan sehari-hari manusia.

manfaat hutan

Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia

1. Mencegah Terjadinya Banjir, Longsor dan Erosi

Manfaat pertama yang bisa kita ambil dengan adanya keberadaan hutan ialah hutan dapat mencegah terjadinya banjir yang dapat merugikan manusia. Curah hujan yang turun ke tanah akan terserap oleh pepohonan dan aneka ragam tanaman yang berada di dataran tinggi seperti gunung, lereng dan bukit-bukit, sehingga resiko terjadi banjir, erosi dan tanah longsor bisa teratasi.

Artikel Terkait: Manfaat Gunung

2. Sebagai Penghasil Oksigen

Oksigen merupakan kebutuhan terpenting bagi manusia, ketika seseorang menarik nafas maka oksigen akan terhirup dan ketika mengeluarkan nafas manusia mengeluarkan karbondioksida.

Dari sekian banyaknya makhluk hidup yang ada di bumi, hutan merupakan penyumbang oksigen terbesar karena di dalam hutan banyak sekali terdapat aneka ragam pohon dan tanaman. Pohon-pohon dan tanaman menarik karbondioksida agar tetap bisa hidup dan mengeluarkan oksigen. Jadi manusia dan hutan memiliki ketergantungan yang sangat menguntungkan demi kelangsungan hidup.

3. Hutan Menjadi Habitat Bagi Burung, Serangga, dan Mamalia

Ciri-ciri hutan yang ekosistemnya terjaga adalah terdapat banyak jenis burung, serangga dan aneka jenis hewan mamalia didalamnya. Berbeda halnya dengan hutan yang ekosistemnya sudah mulai rusak, akan jarang sekali melihat burung dan hewan-hewan lainnya. Karena habitat alami kebanyakan hewan di dunia adalah di hutan.

Seiring maraknya tersebar kabar tentang penebangan pohon dan pembakaran hutan secara liar mengakibatkan terancam punahnya beberapa hewan seperti Macan sumatra, Orang Utan, Benggala, Gorilla, Panda dll.

4. Sebagai Wisata Alam

Pengelolaan hutan yang baik akan menghasilkan manfaat yang luar biasa bagi manusia, manfaat yang bisa kita peroleh dari pengelolaan huta yang baik ialah hutan bisa dijadikan sebagai sarana untuk berwisata. Contoh hutan di Indonesia yang menjadi tujuan wisatawan antara lain sebagai berikut:

  • Hutan Kayang Mentarang

Hutan ini sudah di resmikan oleh pemerintah Indonesia sebagai taman nasional yang terletak di Bulungan Pulau Kalimantan bagian timur dengan luas 1.360.500 hektar.

Aneka ragam flora dan fauna yang hampir punah masih bisa kita temui di hutan ini seperti:

Flora:

  1. Kantong semar
  2. Berbagai macam anggrek
  3. Gaharu (Aquilaria malacensis)
  4. Kayu ulin (Eusideroxylon zwageri)
  5. Ramin (Gonystylus bancanus)
  6. Pulai (Alstonia scholaris)
  7. Jelutung (Dyera costulata)
  8. Agathis (Agathis borneensis)
  9. Rengas (Gluta walichii)
  10. Aren (Arenga pinnata)
  11. Palem hutan

Fauna:

  1. Beruang madu (Helarctos malaynus euryspilus)
  2. Banteng (Bos javanicus lowi)
  3. Macan dahan (Neofelis nebulosa)
  4. Lutung dahi putih (Presbytis frontata frontata)

Dan masih banyak lagi jenis-jenis flora dan fauna langka yang terdapat di dalam hutan kayang mentarang dan tidak sedikis Flora Fauna jenis baru yang belum di ketahui jenisnya.

  • Hutan Halimun Salak

Hutan ini terletak di Jawa Barat dan merupakan hutan hujan terluas di Jawa Barat. Kebanggaan yang terdapat di hutan ini ialah terdapatnya satwa langka yang di lindungi yaitu surili dan owa. Adapun tumbuhan yang menjadi primadona di hutan ini ialah rasamala (Altingia exselsa).

Sedangkan bagi anda yang senang berpetualang tentunya anda sudah tidak asing dengan nama hutan halimun salak karena hutan ini menjadi hutan terpopuler dalam wisata alam tertuna untuk melakukan trekking. Selama perjalanan trekking di hutan halimun, anda akan menjumpai sungai yang mengalir dengan sangat jernihnya, pohon-pohon menjulang tinggi, kicauan merdu burung dan sumber mata air pegunungan yang sangat jernih dan menyegarkan.

Artikel Terkait: Manfaat Sungai

  • Hutan Wasur

Hutan wasur yang terletak di Merauke adalah salah satu lahan basah dan masih alami terbesar di Papua. Hutan ini menjadi salah satu destinasi wisata paling spesial karena di hutan ini terdapat banyak danau kecil yang sangat indah.

  • Hutan Betung Karihun
  • Hutan Lore Lindu
  • Hutan Arfak
  • Hutan Bukit Bangkirai